Contoh Prasarana
Nama Prasarana :

TV 55" android

Rasio :
1/ ruang praktek

Bidang/Program/Kompetensi :
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi/Teknik Komputer dan Informatika/Multimedia
Jenis Alat :

Deskripsi :

Aspect ratio 16:9
Panel resolution 3840x2160
Picture enhancement
Pixel Plus Ultra HD
Display 4K Ultra HD LED
Screen Format Adjustments 4:3 16:9 Widescreen Unscaled
Sleep timer Yes
Child Protection Child Lock
Number of HDMI connections 3
Number of USBs 2
Other connections 
Antenna IEC75
Ethernet-LAN RJ-45 D-sub
Audio Out (3.5mm)
Digital audio out (coaxial)
Wireless connections
Built-in 1T1R Single band Yes
EasyLink (HDMI-CEC)
Remote control pass-through

Number of AV connections 1

Bidang/Program/Kompetensi :
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi/Teknik Komputer dan Informatika/Multimedia
  • Kurikulum/Mata Pelajaran :
  • SMK 2013 REV. Multimedia/Produk Kreatif dan Kewirausahaan

  • Pengetahuan Keterampilan
    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Multimedia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Multimedia Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
    Kurikulum/Mata Pelajaran :
  • SMK 2013 REV. Multimedia/Desain Grafis Percetakan

  • Pengetahuan Keterampilan
    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Multimedia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Multimedia Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
    Kurikulum/Mata Pelajaran :
  • SMK 2013 REV. Multimedia/Teknologi Pengolahan Audio dan Video

  • Pengetahuan Keterampilan
    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Multimedia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Multimedia Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
    Kurikulum/Mata Pelajaran :
  • SMK 2013 REV. Multimedia/Design media interaktif

  • Pengetahuan Keterampilan
    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Multimedia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Multimedia Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
    Kurikulum/Mata Pelajaran :
  • SMK 2013 REV. Multimedia/Teknik animasi 2D dan 3D

  • Pengetahuan Keterampilan
    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Multimedia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Multimedia Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
    Bidang/Program/Kompetensi :
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi/Teknik Komputer dan Informatika/Multimedia
  • Kurikulum/Mata Pelajaran :
  • SMK 2013 REV. Multimedia/Produk Kreatif dan Kewirausahaan

  • Pengetahuan Keterampilan
     Memahami hak atas kekayaan intelektual Mempresentasikan hak atas kekayaan intelektual
     Memahami paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa Menyusun paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa
     Memahami sikap dan perilaku wirausahawan Mempresentasikan sikap dan perilaku wirausahawan
     Menentukan indikator keberhasilan tahapan produksi massal Membuat indikator keberhasilan tahapan produksi massal
     Menentukan media promosi Membuat media promosi berdasarkan segmentasi pasar
     Menentukan pengujian kesesuaian fungsi prototype produk barang/jasa Menguji prototype produk barang/jasa
     Menentukan standard laporan keuangan Membuat laporan keuangan
     Menerapkan metoda perakitan produk barang/jasa Melakukan perakitan produk barang/jasa
     Menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa Membuat prototype produk barang/jasa
     Menerapkan proses produksi massal Melakukan produksi massal
     Menganalisis biaya produksi prototype produk barang/jasa Menghitung biaya produksi prototype produk barang/jasa
     Menganalisis konsep desain/prototype dan kemasan produk barang/jasa Membuat desain/prototype dan kemasan produk barang/jasa
     Menganalisis lembar kerja/gambar kerja untuk pembuatan prototype produk barang/jasa Membuat lembar kerja/gambar kerja untuk pembuatan prototype produk barang/jasa
     Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa Menentukan peluang usaha produk barang/jasa
     Menganalisis perencanaan produksi massal Membuat perencanaan produksi massal
     Menganalisis prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa Melakukan pengujian produk barang/jasa
     Menganalisis proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa Membuat alur dan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa
     Mengevaluasi kesesuaian hasil produk dengan rancangan Melakukan pemeriksaan produk sesuai dengan kriteria kelayakan produk/standar operasional
     Menilai perkembangan usaha Membuat bagan perkembangan usaha
     Menyeleksi strategi pemasaran Melakukan pemasaran
    Kurikulum/Mata Pelajaran :
  • SMK 2013 REV. Multimedia/Desain Grafis Percetakan

  • Pengetahuan Keterampilan
     Memahami jenisjenis kamera dan alat bantu fotografi Mengoperasikan jenisjenis kamera dan alat bantu fotografi
     Menerapkan dasar dasar desain grafis dan nirmana Membuat desain dengan menerapkan dasardasar desain grafis dan nirnama
     Menerapkan penggabungan gambar dan teks yang berbasis vektor Menggabungkan gambar dan teks yang berbasis vektor
     Menerapkan pengoperasian kamera digital dan perawatan peralatan fotografi Mengoperasikan kamera digital dan perawatan peralatan fotografi
     Menerapkan prinsip gambar bentuk dan perspektif Menggambar bentuk dan perspektif
     Menerapkan prinsip gambar sketsa dan illustrasi Menggambar sketsa dan illustrasi
     Menerapkan prosedur pengambilan gambar dengan teknik bluring Mengambil gambar dengan teknik bluring
     Menerapkan prosedur pengambilan gambar dengan teknik zooming dan panning Mengambil gambar dengan teknik zooming dan panning
     Menerapkan prosedur pengukuran bidang pandang dan sudut pengambilan gambar Mengambil gambar sesuai bidang pandang dan sudut pandang
     Menerapkan tipografi sesuai media Membuat desain menggunakan tipografi yang tepat
     Menganalisis ilmu Fotografi Mengembangkan referensi gambar sesuai ilmu Fotografi
     Menganalisis komposisi gambar dalam fotografi Mengambil gambar berdasarkan komposisi gambar dalam fotografi
     Menganalisis pemberian efek pada gambar bitmap Mendesain efek pada gambar bitmap
     Menganalisis pemberian efek pada gambar vektor Mendesain efek pada gambar vektor
     Menganalisis pembuatan karya seni fotografi digital Membuat karya seni fotografi digital
     Menganalisis penggabungan gambar dan teks yang berbasis bitmap Menggabungkan gambar dan teks yang berbasis bitmap
     Menganalisis tata cahaya dalam pengambilan gambar Mengatur tata cahaya dalam pengambilan gambar
     Mengevaluasi Desain berbasis Bitmap dan Vector Membuat review Desain berbasis Bitmap dan Vector
     Mengevaluasi Karya Fotografi Membuat Laporan Karya Fotografi
    Kurikulum/Mata Pelajaran :
  • SMK 2013 REV. Multimedia/Teknologi Pengolahan Audio dan Video

  • Pengetahuan Keterampilan
     Memahami alur proses produksi multimedia Membuat alur proses produksi multimedia
     Mendiskusikan proses pembuatan video pendek Membuat alur proses video pendek (video profile, fiture dan video pendek lainnya)
     Menerapkan manipulasi video dengan menggunakan fitur efek perangkat lunak pengolah video Memanipulasi video dengan menggunakan fitur efek perangkat lunak pengolah video
     Menerapkan pengolahan efek khusus dengan menggunakan fiturfitur perangkat lunak efek khusus Membuat efek khusus dengan menggunakan fiturfitur perangkat lunak efek khusus
     Menerapkan penyuntingan video dengan menggunakan perangkat lunak pengolah video Menyunting video dengan menggunakan perangkat lunak pengolah video
     Menerapkan prosedur pengoperasian kamera video Dapat Mengoperasikan kamera video sesuai dengan prosedur
     Menganalisis manipulasi audio dengan menggunakan fiturfitur perangkat lunak audio digital Memanipulasi audio dengan menggunakan fiturfitur perangkat lunak audio digital
     Menganalisis nteknik pergerakan kamera saat pengambilan gambar bergerak (perekaman video) Mampu Menerapkan teknik pergerakan kamera berdasarkan ukuran (framing) dan sudut pandang (angle) kamera
     Menganalisis pengolahan audio untuk dipadukan dengan video Memadukan audio dan video sesuai dengan tuntutan naskah
     Menganalisis pengolahan teks untuk dipadukan dengan video Menggabungkan teks untuk dipadukan dengan video
     Menganalisis perekaman gambar bergerak (video) dengan kamera Merekam gambar bergerak (video) menggunakan kamera
     menganalisis perekaman suara narasi dengan perangkat perekam audio Memadukan audio dan video sesuai dengan tuntutan naskah
     Menganalisis proses pengemasan produksi video Membuat pengemasan produksi video
     Menganalisis proses perbaikan kualitas data audio Memperbaiki kualitas data audio
     Menganalisis tata cahaya gambar bergerak (perekaman video) Mengatur tata cahaya dalam pengambilan gambar bergerak (perekaman video)
     Menganalisis video sesuai Naskah Produksi Membuat video sesuai skenario
     Mengevaluasi produk audio visual Membuat review produk audio visual
     Mengevaluasi proses produksi video pendek Membuat laporan produksi video pendek
    Kurikulum/Mata Pelajaran :
  • SMK 2013 REV. Multimedia/Design media interaktif

  • Pengetahuan Keterampilan
     Memahami (desain/ perancangan alur) untuk multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif Membuat (desain/perancangan alur) untuk multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
     Memahami konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif Mendemontrasikan konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
     Memahami mekanisme pengolahan data pada produk multimedia interaktif Mengolah data pada produk multimedia interaktif
     Memahami publikasi multimedia interaktif Melakukan publikasi multimedia interaktif
     Memahami style pada multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif Membuat style pada multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
     Menerapkan cara penggabungan image, animasi, audio, video dalam sajian multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif Menggabungkan image, animasi, audio, video dalam sajian multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
     Menerapkan pembuatan produk multimedia interaktif Mendesain produk multimedia interaktif
     Menerapkan pengolahan multimedia interaktif menggunakan kode program (coding) Mengolah multimedia interaktif menggunakan kode program (coding)
     Menerapkan prinsipprinsip desain user interface pada multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif Membuat user interface menggunakan prinsipprinsip desain user interface pada multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
     Menerapkan prosedur pengoperasian aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif Mengoperasikan aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
     Menerapkan teknik pemrograman (coding) pada multimedia interaktif Menggunakan program (coding) pada multimedia interaktif
     Mengevaluasi produk media interaktif Membuat laporan pembuatan produk multimedia interaktif
     Mengevaluasi produk web Membuat review terhadap produk web
    Kurikulum/Mata Pelajaran :
  • SMK 2013 REV. Multimedia/Teknik animasi 2D dan 3D

  • Pengetahuan Keterampilan
     Melakukan evaluasi terhadap produk animasi D Membuat review terhadap produk animasi D
     Memahami Material pada obyek Sederhana D Mengaplikasikan Material pada obyek Sederhana D
     Memahami prinsip dasar menggambar latar Membuat gambar latar
     Memahami prinsip dasar pembuatan animasi D (vector) Menyampaikan prinsip dasar pembuatan animasi D (vector)
     Memahami prinsipprinsip dasar animasi Mengaplikasikan prinsipprinsip animasi dalam produksi animasi
     Memahami teknik Rendering pada obyek D Menerapkan teknik Rendering pada obyek D
     Menanalisa teknik gerakan non karakter dalam aplikasi D Membuat gerak digital non character dalam aplikasi D
     Menerapkan gerak digital pupetter pada animasi D Membuat gerak digital puppeter pada animasi D
     Menerapkan Model Sederhana berbasis D Hardsurface Membuat Model Sederhana berbasis D Hardsurface
     Menerapkan teknik animasi tweening D Membuat animasi D menggunakan teknik tweening
     Menerapkan teknik pembuatan gambar obyek sederhana menggunakan aplikasi animasi D Membuat gambar obyek sederhana menggunakan aplikasi animasi D
     Menerapkan teknik pembuatan karakter sederhana menggunakan aplikasi animasi D Membuat karakter sederhana menggunakan aplikasi animasi D
     Menerapkan teknik produksi animasi D Membuat produk animasi D
     Mengambarkan konsep dasar obyek D dalam sketsa rancangan Membuat sketsa rancangan obyek D
     Menganalisa posisi kamera yang tepat dalam aplikasi dimensi Meletakkan posisi kamera yang tepat dalam aplikasi dimensi
     Menganalisis elemen gambar digital puppeter dalam animasi D Membuat elemen gambar digital puppeter dalam animasi D
     Menganalisis pengolahan permodelan obyek sederhana berbasis D Hardsurface Mengolah permodelan obyek sederhana berbasis D Hardsurface
     Mengevaluasi produk animasi D Membuat laporan proses pengerjaan produk animasi D
     Mengkreasikan produk animasi D menggunakan obyekobyek sederhana Membuat produk animasi D menggunakan obyekobyek sederhana (Motion Graphic)